Pemprov Riau Dapat Dukungan Swasta Cegah Karhutla

Pemprov Riau Dapat Dukungan Swasta Cegah Karhutla
Plt Gubernur Riau Wan Thamrin bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Riau saat meninjau barisan, dan kelengkapan alat Regu Pemadam Kebakaran APP Sinar Mas saat Apel Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan. Foto: Istimewa

jpnn.com, PEKANBARU - Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas telah siap siaga menghadapi musim kemarau tahun 2018.

Hal ini dilakukan untuk menanggulangi dan mencegah bencana kebakaran lahan dan hutan di kawasan Riau.

“Ini merupakan komitme kami untuk bersama-sama dalam pencegahan kebakaran hutan, dan sejalan dengan komitmen perlindungan hutan kami yang tertuang dalam Forest Conservation Policy," ujar Direktur Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Suhendra Wiriadinata, dalam siaran tertulisnya, Kamis (8/3).

Pelaksana Tugas Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim mengapresiasi dukungan dan peran serta swasta dalam upaya penanggulangan asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Salah satunya adalah Sinar Mas Forestry yang telah berkontribusi dengan mengerahkan helikopternya untuk kegiatan water boombing disejumlah titik-titik kebakaran di berbagai daerah Riau.

"Dulu penanganan baru secara parsial, tapi sekarang bergabung swasta dan pemerintah. Karena itu kita berterima kasihlah dengan Sinar Mas yang turut berkontribusi melakukan pemadaman karhutla ini," kata Wan Thamrin usai memimpin apel siaga darurat karhutla di halaman Kantor Gubernur.

Dalam mendukung pencegahan dan penanganan karhutla di provinsi Riau, sebelum status siaga karhutla di Riau ditetapkan pada 19 Februari lalu, unit forestry APP Sinar Mas, PT Arara Abadi - Sinar Mas Forestry menurunkan tim darat 2 regu RPK dan tim udara heli waterbombing untuk membantu pemerintah daerah Pelalawan pada kebakaran yang terjadi di lahan masyarakat Pulau Muda kecamatan Teluk Meranti Pelalawan.

Selain Kabupaten Pelalawan, bersama dengan tim gabungan dari BPBD, TNI-Polri serta masyarakat setempat melalui Satgas Karhutla Riau, Sinar Mas Forestry Riau bersama mitra pemasoknya juga membantu pemadaman karhutla di lima kabupaten/kota lainnya, yakni Kabupaten Meranti, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kota Dumai.

Menghadapi musim kemarau tahun ini, Pemprov Riau mendapat dukungan pihak swasta menanggulangi dan mencegah bencana kebakaran lahan dan hutan (karhutla).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News