JPNN.com

Pemuda dari 33 Provinsi Dikirim ke Palu

Minggu, 28 Oktober 2018 – 10:31 WIB  Pemuda dari 33 Provinsi Dikirim ke Palu - JPNN.com

Puluhan pemuda berpakaian adat dari 33 provinsi dikirim untuk berangkat ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk menjadi relawan.

 Mereka adalah peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN). Para pemuda itu berkumpul di halaman Monumen Kapal Selam (Monkasel) pada Sabtu (27/10).  

Setelah pembukaan di tempat itu, mereka akan langsung Pelaksanaan KPN tahun ini terkesan berbeda.

Agenda rutin dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut biasanya difokuskan untuk promosi wisata daerah masing-masing.

"Harusnya tahun ini Sail Moyo Tambora ke NTB. Tapi, karena sama-sama terkena bencana, Pak Menteri (Imam Nahrawi, Red) meminta dialihkan ke Palu," ujar Koordinator KPN 2018 Gadri Attamimi.

Bentuk pelaksanaannya sedikit berbeda. Selain mempromosikan wisata, peserta KPN tahun ini akan bertugas menjadi psikiater dadakan untuk korban bencana.

Sepanjang perjalanan menuju Palu, mereka akan diberi pelatihan trauma healing. Kemudian, ilmu mereka akan dipraktikkan untuk menghilangkan trauma para korban.

Total ada 99 peserta dari 33 provinsi. Tiap daerah mengirimkan tiga wakil terbaiknya. Provinsi Papua Barat tidak mengirimkan perwakilan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...