Beda dengan Turki, Suriah Diperlakukan Seperti Anak Tiri oleh Dunia

Beda dengan Turki, Suriah Diperlakukan Seperti Anak Tiri oleh Dunia
Korban gempa di Provinsi Idlib, Suriah, menunggu mendapat perawatan, Senin (6/2). Dua gempa berkekuatan di atas 7SR yang mengguncang Suriah dan Turki pagi tadi telah menewaskan sedikitnya 1.800 orang. FOTO: Aaref WATAD / AFP

jpnn.com, JAKARTA -  Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva berpendapat bahwa ada standar ganda dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke Turki dan Suriah.

“Respon terhadap tragedi di Turki cukup seragam, tetapi bantuan kemanusiaan untuk Suriah tidak langsung datang. Alasannya hanya karena Suriah sedang dalam sanksi,” kata Dubes Vorobieva saat arahan pers di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, negara-negara Barat enggan mengirim bantuan kemanusiaan ke Suriah dengan alasan kesulitan logistik dan sanksi yang diberlakukan pada Suriah.

“Bagaimana bisa kita bicara tentang sanksi saat ada nyawa manusia yang sedang dalam bahaya. Kami berpikir seharusnya tidak boleh ada alasan politik untuk tidak mengirim dan menyediakan bantuan kemanusiaan ke Suriah,” ujar Vorobieva.

Gempa berkekuatan Magnitudo 7,7 dan 7,6 terjadi di Turki bagian selatan pada 6 Februari.

Gempa di Turki berpusat di Kahramanmaras dan melanda sembilan provinsi lainnya, yakni Hatay, Gaziantep, Adiyaman, Malatya, Adana, Diyarbakir, Kilis, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Gempa itu juga dirasakan di beberapa negara dan menyebabkan kerusakan luas di Suriah bagian utara.

Berdasarkan laporan Anadolu, menurut angka resmi terbaru, hampir 32.000 orang tewas di Turki, sementara jumlah korban tewas di Suriah mencapai 3.600 jiwa. (ant/dil/jpnn)

Meski menderita karena gempa yang sama, Suriah dan Turki mendapat perlakuan yang berbeda dari masyarakat internasional


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News