Pemuda Dukung Indonesia Raya Dikumandangkan di Bioskop

Pemuda Dukung Indonesia Raya Dikumandangkan di Bioskop
Menpora Imam Nahrawi memulai aksi sesuai instruksi Presiden untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di Bioskop, Kamis (31/1) malam. Foto: amjad/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Imbauan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya di bioskop mendapat respons positif. Para unsur kepemudaan yang ada di Indonesia mendukung imbauan tersebut demi menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan imbauan menyanyikan Indonesia Raya di bioskop sebelum film diputar, Kamis (31/1). Namun, imbauan tersebut justru menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

Buntutnya, Kemenpora akan mengkaji imbauan tersebut, bahkan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menegaskan akan mencabutnya. Namun, langkah itu justru disayangkan sejumlah organisasi kepemudaan.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) malah menyambut baik imbauan tersebut. Ketua KAMMI, Irfan Ahmad Fauzi, mengatakan imbauan menyanyikan Indonesia Raya bisa menanamkan nasionalisme, terutama di kalangan anak muda.

"Spiritnya bagus pak Menpora (Imam Nahrawi-red). Menanamkan nilai nasionalisme dan cinta tanah air khususnya dikalangan akak muda milenial yang suka nonton ke bioskop.

Catatan, mungkin karena ini hal baru jadi membutuhkan kebiasaan," kata Irfan.

"Kalau sudah terlaksana dan biasa, sepertinya ini akan sangat mencerminkan bagaimana hal ini dilakukan dalam upaya menjaga dan menumbuhkan rasa nasionalisme dikalangan pecinta film di bioskop," sambungnya.

Senada dengan Irfan, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) juga mendukung tetap diadakannya imbauan tersebut. Apalagi, Sekretaris Umum GMKI, David Sitorus, melihat ada kekosongan ruang di masyarakat untuk menuangkan rasa nasionalismenya.

Imbauan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya di bioskop mendapat respons positif. Para unsur kepemudaan yang ada di Indonesia mendukung imbauan tersebut demi menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News