Pemuda Harus Bisa Bangun Daerah Lewat Perhutanan Sosial

Pemuda Harus Bisa Bangun Daerah Lewat Perhutanan Sosial
Kepala Balai Hutan Sosial Wilayah Sumatera Sahala Simanjuntak. Foto: Natalia/JPNN

jpnn.com, BANGKA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan saat ini terus gencar menyosialisasikan program Perhutanan Sosial dan menjalankannya di berbagai wilayah di Indonesia untuk membantu memperbaiki perekonomian rakyat kecil.

Salah satu pihak yang diharapkan turut berpartisipasi untuk menyukseskan Perhutanan Sosial adalah generasi muda.

Anak muda diharapkan bisa ikut berkontribusi dalam pengembangan perhutanan sosisal.

Sebab, generasi muda memiliki banyak inovasi dan bisa dituangkan dalam pengembangan hutan sosial.

Kepala Balai Hutan Sosial Wilayah Sumatera Sahala Simanjuntak mengatakan, selama ini  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupaya melakukan sosialisasi program Perhutanan Sosial dengen mengajak partisipasi  generasi muda.

Menurut Sahala, semangat generasi muda di daerah bisa memotivasi masyarakat untuk bergerak memajukan ekonomi lewat pengelolaan perhutanan sosial dengan beragam cara.

“Selama ini pemerintah lebih berperan menjalankan Perhutanan Sosial agar masyarakat  mendapatkan sesuatu dari usaha mengelola hutan. Untuk memperbaiki perekonomian masyarakat. Karena itu kami harap partisipasi dan mengajak kawan-kawan atau masyarakat, anak muda untuk bisa berperan di perhutanan sosial,” ujar Sahala dalam diskusi kunjungan jurnalistik KLHK di Kota Bangka, Kepulauan Babel.

Sahala yang sudah menjalankan upaya perhutanan sosial sejak tahun 1989 itu mengatakan, salah satu contoh kaum muda yang aktif membantu program pemerintah ini adalah kelompok Hutan Kemasyarakatan Generasi Muda Pecinta Alam (HKM Gempa-01) di Provini Kep. Babel.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berupaya melakukan sosialisasi program Perhutanan Sosial dengen mengajak partisipasi generasi muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News