Pemuda Harus Miliki Karakter Demokratis

Pemuda Harus Miliki Karakter Demokratis
Pemuda Harus Miliki Karakter Demokratis
JAKARTA - Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)  Alfitra Salam berharap para pemuda memiliki karakter demokratis guna mewarnai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke depan. Karakter itu dapat dibentuk dari  nilai-nilai filosofis olahraga yang mengajarkan sportivitas, kejujuran, fair play, serta siap menang dan siap kalah.

”Tantangan kita sekarang bagaimana nilai-nilai filosofis yang ada dalam olahraga, seperti fair play, kejujuran, sportif, siap menang dan siap kalah, bisa ikut mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara yang dimotori para pemuda ini,” kata Alfitra Salam di sela-sela acara Temu Tokoh Indonesian Youth Camp 2011 di Jakarta.

Alfitra Salam mengatakan semakin banyak pemuda yang memahami nilai-nilai filosofis keolahragaan maka kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan akan semakin demokratis. Sama halnya ketika berbicara politik dan kekuasaan, nilai-nilai olahraga menganjurkan untuk tidak saling mematikan lawan, namun siap menang dan siap kalah.

”Kalau upaya ini berhasil dilakukan, misalnya dengan kegiatan Indonesian Youth Camp ini, maka implikasinya pada pembentukan karakter pemuda kita adalah memiliki karakter kuat untuk menghadapi tantangan bangsa ke depan,” katanya.

Sedangkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie yang hadir dalam acara Temu Tokoh Indonesian Youth Camp 2011 itu mengatakan, Indonesia memiliki potensi untuk menjadi bangsa yang besar di masa mendatang. Dan, semua harapan itu kini tergantung pada para pemuda.

JAKARTA - Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)  Alfitra Salam berharap para pemuda memiliki karakter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News