Pemudik Sudah Bisa Gunakan Tol Surabaya - Ngawi

Pemudik Sudah Bisa Gunakan Tol Surabaya - Ngawi
Tol fungsional saat musim mudik 2017. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan para pemudik sudah bisa menggunakan tol Surabaya – Ngawi. Pasalnya, jembatan Avur Besuk yang sempat diragukan selesai karena peluncur girder ambruk beberapa waktu lalu, dipastikan rampung.

Baihaqi Almuthoif - Radar Surabaya

Hasil sidak yang dilakukan, titik ambruknya peluncur girder yang masuk dalam ruas tol Kertosono - Wilangan pembangunannya dipastikan selesai Jumat (8/6) dan bisa dilewati pemudik pada Sabtu (9/6).

"Ini progres yang baik untuk tol Wilangan - Kertosono, sehingga dapat mengurangi kemacetan yang selama ini terjadi di jalur wilangan tersebut," ujar Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo di sela-sela sidak, Rabu (6/6).

Namun, ruas tol Kertosono - Wilangan ini berbeda dibanding dengan jalan tol lain sepanjang Surabaya - Ngawi. Pada ruas itu, masih fungsional. Artinya kelengkapan jalan masih belum sempurna. Karenanya ada pembatasan waktu pemudik lewat. Yakni antara pukul 06.00 sampai 16.00 sore.

Jika dibandingkan dengan ruas tol Surabaya - Mojokerto, Mojokerto – Kertosono, dan Wilangan - Ngawi sudah operasional. Ini berarti ketiganya benar-benar siap dan telah bertarif.

"Tol Kertosono - Wilangan nanti fungsional dari arah Surabaya ke Wilangan mulai H-7 hingga H + 2. Dan sebaliknya H + 2 bisa digunakan jalur Wilangan menuju Surabaya. Ruas ini nanti akan digunakan aspal beton yang kualitasnya bagus dan baik," jelasnya.

Dengan difungsikannya jalan tol Surabaya - Ngawi maka pemudik bisa memangkas perjalanan. Jika melewati jalan umum bisa menempuh perjalanan berksiar 5 jam, namun dengan melewati jalan tol bisa ditempuh 3 jam sampai 4 jam. (bae/rud)


Gubernur Jatim Soekarwo alias Pakde Karwo memastikan pada masa mudik lebaran ini, tol Surabaya – Ngawi sudah bisa digunakan.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News