Insyaallah Jakarta Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Insyaallah Jakarta Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran
Gubernur DKI Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengikuti konferensi video bersama petinggi negara di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (5/6). Usai mengikuti konferensi video yang dipimpin Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto itu, Anies meyakini keamanan dan stabilitas stok pangan akan terjaga.

"Untuk seluruh wilayah Indonesia, tadi Pak Kapolri membahas empat tema utama. Pertama adalah soal kesiapan suplai kebutuhan pangan kebutuhan pokok. Yang kedua adalah tentang mobilitas penduduk terkait dengan mudik dan paska mudik. Lalu ketiga mengenai bencana alam. Dan yang keempat adalah terkait keamanan," kata Anies.

Anies juga mengaku telah mengikuti rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) DKI. Menurut Anies, dari pertemuan diketahui bahwa kebutuhan pokok pangan aman mulai dari stok dan harganya.

"Stok yang ada di atas kebutuhan sehingga, insyaallah tidak akan ada gangguan dari sisi harga karena suplainya berjalan dengan baik," kata Anies.

Selain masalah pangan, Anies juga membahas soal mudik. Menurutnya, pemerintah sudah menyiapkan sarana dan prasarana bagi pemudik yang menggunakan jalur laut, udara dan darat.

"Antisipasi untuk kesehatan bagi para operator dan kesehatan bagi para pemudik di antaranya juga memastikan semua yang menjalankan kendaraan-kendaraan umum. Terbebas dari pengaruh obat-obatan itu semua sudah diantisipasi bersama," kata Anies.

Untuk masalah keamanan, kata Anies, Pemerintah Provinsi DKI memperkuat pengawasan hingga tingkat RT dan RW. Anies meminta RT/RW melakukan wajib lapor setiap 24 jam.

"Jadi pertemuan tadi intinya adalah menggambarkan kepada semua bahwa seluruh jajaran siap untuk memfasilitasi kebutuhan warga untuk mudik. Dan insyaallah Jakarta kondisi aman," pungkas Anies.(tan/jpnn)


Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan, pihaknya akan meningkatkan pengawasan saat musim mudik Lebaran mendatang, termasuk menerapkan wajib lapor.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News