Pemulung Langsung Serbu Kalijodo, Beginilah Aksinya

Pemulung Langsung Serbu Kalijodo, Beginilah Aksinya
Kelompok pemulung berenang di Kali Krendang seusai memulung di kawasan Kalijodo yang baru saja diratakan, Senin (29/2). Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com - ‎JAKARTA - Penertiban kawasan Kalijodo yang meninggalkan kesedihan bagi warga setempat ternyata membawa berkah tersendiri bagi para pemulung. Begitu bangunan di bekas lokalisasi itu rata dengan tanah, pemulung pun beraksi mengais barang-barang di antara reruntuhan yang masih bisa dimanfaatkan.

Sebenarnya petugas keamanan sudah melarang pemulung masuk area gusuran. Namun, para pencari barang bekas itu seperti tak kehabisan akal. Mereka tetap mencari jalan untuk membawa barang berupa besi, seng dan barang berharga lainnya.

Terlihat ada tujuh pemulung berenang menyeberangi Kali Krendang yang berhimpitan dengan Kalijodo. Kali yang airnya berwarna hitam pekat penuh lumpur dan berbau menyengat itu tak membuat pemulung  mengurungkan niatnya.

Mereka seolah mendapat barang berharga yang langka. Tujuh orang pemulung tampak menarik sebuah benda yang berat. Untuk mendorong benda itu, mereka harus menyelam dan sebagian pemulung menariknya.

"Ji, ro, lu, pat (Satu, dua tiga empat, red),” ujar  Kosim dan teman-temannya sesama pemulung saat mulai menyelami sungai yang berada di belakang kawasan Kalijodo itu.

Kosim mengatakan melakukan hal seperti itu bukan hal baru baginya dan teman-temannya. Ia bahkan sering melakukan hal yang lebih ekstrem.

"Septic tank (jamban) juga diselemin (diselami), Bang. Namanya juga nyari rejeki," jelasnya.

Tanpa mengenakan baju, Kosim dan enam temannya tampak kompak menarik‎ beban itu. Ternyata mereka berhasil mengangkat mesin penggiling mie bihun dari lokalisasi Kalijodo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News