Penampakan Makam BJ Habibie dan Ainun yang Berdampingan

Penampakan Makam BJ Habibie dan Ainun yang Berdampingan
Makam BJ Habibie dan Ainun di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9). Foto: Dedi Yondra/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden ke-3 RI BJ Habibie  dimakamkan di samping makam istri tercinta, Ainun, sesuai amanatnya semasa hidup. Makam keduanya terletak di kavling 120 dan 121, TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

BJ Habibie dimakamkan pada Kamis (12/9) siang. Dihadiri ribuan tokoh penting termasuk Presiden Joko Widodo.

Sementara Ainun meninggal 9 tahun silam. Jenazah beliau dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan atas izin BJ Habibie. Syaratnya, BJ Habibie meminta untuk dimakamkan di samping makam Ainun.

"Saya tahu dia (Ainun) di kavling 121 di TMP Kalibata. Kavling 120 kosong, tempat saya nanti," kata BJ Habibie dalam tayangan Mata Najwa, 2016 silam.

Sehari setelah dimakamkan, tempat peristirahatan BJ Habibie masih ramai dikunjungi peziarah. Makam yang terletak di kavling 120, TMP Kalibata, Jakarta Selatan itu dikunjungi puluhan hingga ratusan orang pada Jumat (13/9) pagi hingga siang.

Dari pantauan jpnn.com di lokasi, peziarah terus bergantian datang pada siang ini. Mereka berasal dari kerabat, kenalan, para pelajar, serta masyarakat untuk menengok makam BJ Habibie.

Peziarah yang datang melantunkan ayat suci Alquran di samping makam. Selain itu, hadirin juga menabur bunga di atas makam BJ Habibie yang terletak di samping makam istri tercinta, Ainun.

Seperti diketahui, BJ Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta pada Rabu (11/9) sekitar pukul 18.05 WIB. Dia mengembuskan napas terakhir setelah dirawat intensif selama sepuluh hari sejak awal September 2019 lalu. (mg3/jpnn)

Presiden ke-3 RI BJ Habibie dimakamkan di samping makam istri tercinta, Ainun, sesuai amanatnya semasa hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News