JPNN.com

Penanganan Saat Anda Mengalami Luka Bakar

Sabtu, 15 Februari 2020 – 04:12 WIB Penanganan Saat Anda Mengalami Luka Bakar - JPNN.com

jpnn.com - Bawang merah dinilai ampuh untuk mengatasi luka bakar karena memiliki sifat antibakteri, mampu mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan aktivitas fibrinolitik yang baik dalam mengobati luka.

Hal ini dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menguji manfaat bawang merah terhadap tikus dengan kondisi luka bakar ringan.

Penelitian pertama dilakukan oleh ahli dari Bali pada 2017. Di mana peneliti menguji ekstra etanol bawang merah kepada tikus wistar yang memiliki kondisi luka bakar ringan.

Hasilnya, bawang merah ditemukan punya manfaat menyembuhkan luka bakar ringan derajat II pada tikus wistar yang terpapar panas. Perawatan pakai ekstrak bawang merah ini dilakukan selama 10 hari dan mampu mengecilkan luas luka bakar secara perlahan.

Kedua, penelitian dilakukan pada tahun 2016 juga memaparkan hasil yang serupa. Mereka menggunakan seekor tikus yang mengalami infeksi pada luka bakarnya dan diberikan ekstrak bawang merah oles.

Dalam hasil penelitian tersebut, ekstrak bawang merah yang digunakan memang mampu menyembuhkan luka bakar ringan pada tikus tersebut.

Para peneliti juga berpendapat, bahwa kandungan flavonoid, sulfur, dan selenium dari bawang merah adalah zat yang penting untuk menyembuhkan luka bakar.

Namun, penelitian tersebut hanya sebatas diuji kepada hewan. Untuk penggunaannya pada manusia, tetap diperlukan penelitian lanjutan terhadap manfaat bawang merah ini. Hal ini sebab belum diketahui pasti keefektifannya terhadap manusia.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...