Penari Mayang Kencana Sambut Kedatangan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II

Penari Mayang Kencana Sambut Kedatangan Komandan Gugus Tempur Laut Koarmada II
Para penari Mayang Kencana menyambut Komandan Guspurla Koarmada II sesaat turun dari pesawat Cassa NC 212 di Bandara Gusti Syamsir Alam, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kotabaru, Kamis (26/12). Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, KOTABARU - Setelah Mamuju, kini giliran Kotabaru menjadi persinggahan Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo dalam rangka kunjungan kerjanya di Pulau Kalimantan.

Kedatangan Danguspurla di Kotabaru ditandai dengan tarian penyambutan yakni Tari Mayang Kencana sesaat setelah turun dari pesawat udara Cassa NC 212, di Bandara Gusti Syamsir Alam, Desa Stagen Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, pada Kamis (26/12) lalu.

Selain disambut oleh Tari Mayang Kencana, Laksma Rahmat Eko juga melakukan sebuah ritual kecil yakni memukul Mayang sebagai simbol datangnya seorang tamu kehormatan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kotabaru H. Said Jafar Al Idrus ikut langsung menyambut Danguspurla beserta rombongan.

Sementara ikut serta mendampingi yakni Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto serta pejabat Forkopimda setempat.

Agenda kunker Danguspurla diawali dengan mengunjungi Pangkalan TNI AL (Lanal) Kotabaru dan langsung meninjau Maritime Command Center (MCC), yang merupakan pos wilayah keamanan untuk memantau kapal-kapal yang beroperasi dan berpatroli di perairan laut.

Dalam kesempatan itu, Laksma Rahmat Eko mengharapkan pembangunan MCC di Lanal Kotabaru akan meningkatkan kemampuanya pada berbagai aspek terkait seperti komunikasi, surveillance, komputerisasi sehingga dapat menghasilkan kemampuan deteksi dan analisa yang akurat, cepat, cermat dalam mendukung pengambilan keputusan komando dan pengendalian.

Agenda pun berlanjut dengan makan malam di Hotel Grand Surya, Jalan Surya Gandamana Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru. Pada makan malam yang juga dihadiri oleh Bupati Kotabaru, Laksma Rahmat Eko mengatakan Kotabaru yang lautnya dilintasi Alki II adalah jalur strategis yang dilewati kapal-kapal lintas negara.

“Maka dari itu, Guspurla Koarmada II dan jajarannya wajib memberikan rasa aman kepada kapal-kapal yang melintas di wilayah kerja kita khususnya Kotabaru,” ujar Rahmat Eko.

Kedatangan Komandan Gugus Tempur Laut di Kotabaru ditandai dengan tarian penyambutan yakni Tari Mayang Kencana sesaat setelah turun dari pesawat udara Cassa NC 212.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News