Penarol v Santos: Rival Lawas

Penarol v Santos: Rival Lawas
Penarol v Santos: Rival Lawas
MONTEVIDEO - Copa Libertadores 2011 memasuki partai final. Jagoan Uruguay Penarol dan Santos dari Brazil akan memperebutkan predikat tim terbaik Amerika Latin. Leg pertama dimainkan di kandang Penarol, Estadio Centenario, pagi ini WIB (16/6). Sedangkan leg kedua dihelat di Sao Paulo pekan depan (22/6).

Bentrok Penarol versus Santos seolah membangkitkan memori di awal-awal perhelatan Copa Libertadores. Itu karena kedua tim merupakan juara empat edisi awal. Penarol memenangi dua edisi perdana (1960-1961), sedangkan Santos berjaya di dua edisi setelah itu (1962-1963).

Yang menjadi catatan penting, sukses Santos pada 1962 dicapai setelah mengandaskan perlawanan Penarol lewat perjuangan sengit. Kedua tim saling mengalahkan di kandang lawan sehingga untuk menentukan pemenang harus dilakukan laga di tempat netral.

Santos akhirnya menang 3-0 dalam laga di Estadio Monumental, Buenos Aires. Namun, setelah sukses itu, Peixe - sebutan Santos - tidak pernah lagi meraih juara. Beda dengan Penarol yang menambah tiga gelar. Koleksi lima gelar Penarol hanya kalah dari dua klub Argentina, masing-masing Independiente (7 gelar) dan Boca Juniors (6 gelar).

MONTEVIDEO - Copa Libertadores 2011 memasuki partai final. Jagoan Uruguay Penarol dan Santos dari Brazil akan memperebutkan predikat tim terbaik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News