Pencaker dari Luar Daerah Masih Dominasi Pasar Kerja Batam

Pencaker dari Luar Daerah Masih Dominasi Pasar Kerja Batam
Ratusan pencari kerja berebut posisi operator. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Pulau Batam masih punya pesona bagi para pencari kerja (pencaker).

Meski kondisi ekonomi tengah terpuruk, ribuan pencari kerja masih datang ke daerah tersebut.

Data Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyebutkan sedikitnya 15.552 pencaker berasal dari daerah luar, sedangkan pencaker lokal tercatat 13.616 sejak periode Januari hingga November 2017.

Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti menyebutkan pencari kerja yang berasal dari luar Batam rata-rata memiliki pendidikan setara SMK/SMA sederajat.

Faktor pemutusan hubungan kerja yang sudah terjadi dua tahun belakangan ini tidak mempengaruhi niat mereka mencari pekerjaan di Batam.

"Jika melihat kebutuhan saat ini lowongan yang tersedia memang tidak bisa menampung mereka yang datang ini," ujarnya.

Rudi menambahkan perusahaan baru yang ada di tahun ini tidak memberikan dampak yang signifikan, hal ini terbukti dari jumlah tenaga kerja yang terjaring. Tahun 2016 lalu jumlah tenaga kerja Batam mencapai 369.299 orang, dan hingga Oktober 2017 naik menjadi 369.811 pekerja.

"Jika melihat grafiknya jumlah penambahan tenaga kerja tak terlalu banyak, padahal setiap hari perusahaan buka lowongan," sebutnya.

Sedikitnya 15.552 pencaker berasal dari daerah luar, sedangkan pencaker lokal tercatat 13.616 sejak periode Januari hingga November 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News