Pencalonan George-Arifin Resmi Ditolak KN

Verifikasi Hasilkan 19 Nama Calon Ketum, 17 Waketum, 50 Exco

Pencalonan George-Arifin Resmi Ditolak KN
VERIFIKASI - Ketua Komite Normalisasi (KN) Agum Gumelar ketika berbicara didampingi anggota KN lainnya, dalam pengumuman hasil verifikasi calon Ketum, Waketum dan Anggota Exco PSSI, Jumat (29/4), di Senayan, Jakarta. Foto: Arundono/JPNN.
JAKARTA - Komite Normalisasi (KN) buah instruksi FIFA yang sekaligus bertindak sebagai Komite Pemilihan dalam Kongres PSSI 2011, akhirnya mengumumkan hasil verifikasi bakal calon ketua umum (Ketum), Waketum dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Dari pengumuman yang dilakukan di hadapan wartawan, Jumat (29/4) siang di kantor PSSI, Senayan, Jakarta, itu dipastikan bahwa dua nama populer, George Toisutta dan Arifin Panigoro, ditolak sebagai calon.

Dalam pengumuman hasil verifikasi yang dibacakan oleh anggota KN yang juga Plt Sekjen PSSI, Joko Driyono tersebut, George dan Arifin dinyatakan ditolak bersama dua nama lain, yakni Nirwan D Bakrie dan Joko Driyono. Penolakan keempatnya didasari atas instruksi FIFA, khususnya pada tanggal 4 dan 21 April lalu. Jika George, Arifin dan Nirwan ditolak FIFA karena tidak diloloskan Komite Banding sebelumnya, Joko yang ternyata namanya juga muncul, tak boleh ikut sesuai aturan sebagai anggota KN.

Pengumuman yang dihadiri 7 dari 8 anggota KN itu, juga merinci keterangan lainnya. Antara lain yakni bahwa untuk calon Ketum, dari 33 nama (bakal calon alias balon) yang masuk, sebanyak 11 nama ditolak berdasarkan arahan/aturan FIFA. Tepatnya, 3 nama berdasarkan arahan FIFA tanggal 4 dan 21 April, serta 8 orang karena dicalonkan oleh yang bukan anggota PSSI. Lalu ada 3 nama lainnya yang tak lolos verifikasi, serta sisanya sebanyak 19 orang dinyatakan lolos verifikasi.

Sementara untuk calon Waketum, dari 29 nama balon yang masuk, 12 orang dinyatakan ditolak. Rinciannya, 4 orang ditolak berdasarkan arahan/aturan FIFA, 3 orang adalah mantan anggota Exco (yang dinilai tak kredibel), serta 5 nama diusulkan oleh bukan anggota PSSI. Sedangkan sisanya, sebanyak 17 nama lagi, dinyatakan lolos verifikasi.

JAKARTA - Komite Normalisasi (KN) buah instruksi FIFA yang sekaligus bertindak sebagai Komite Pemilihan dalam Kongres PSSI 2011, akhirnya mengumumkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News