Pencuri Kotak Infak Ketangkep Warga, Nih Lihat Mukanya

Pencuri Kotak Infak Ketangkep Warga, Nih Lihat Mukanya
Pencuri (jongkok) kotak infak diamankan bersama barang bukti. Foto: PekanbaruMX/JPG

jpnn.com - DUMAI - Ujang Piston, 40, warga Kelurahan Bukit Timah nyaris dihajar massa, Minggu (15/5) sekitar pukul 10.00 WIB. Pasalnya dia kepergok mencuri kotak amal milik Masjid Al Hidayah Km 10, Dumai, Riau.

Beruntung, Babinsa Mekar Sari Kodim 0320 Dumai yang saat itu berada tak jauh dari lokasi, cepat melarikan Ujang Piston dan kemudian menenangkan warga.

Aksi Ujang Piston ini memang sudah sangat meresahkan jamaah dan pengurus masjid Al Hidayah. Sebab, hampir setiap hari mereka kehilangan uang sedekah jamaah yang berada di kotak amal milik masjid tersebut. Karena sering kecurian, kemudian pengurus masjid dan warga sepakat untuk melakukan pengintaian.

Nasib naas akhirnya menghampiri Ujang Piston. Pria yang tinggal di BTN Dumai Baru Bukit Timah ini akhirnya tertangkap tangan sedang membongkar kotak amal masjid Al Hidayah oleh seorang warga Rusniati. Ibu muda ini pada saat itu berada di rumahnya yang tidak jauh dari masjid dan melihat ada orang pagi hari di dalam masjid dengan gerak-gerik yang mencurigakan.

“Lalu saya panggil masyarakat sekitar dan ketua RT. Kemudian kami menyergapnya. Dia sempat melarikan diri, namun berhasil kami tangkap,” katanya dengan nada emosi kepada Pekanbaru MX (Jawa Pos Group).

Ditambahkan Rusniati, beruntung nasib maling kotak amal tersebut terselematkan karena ada Banbinsa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Mekar Sari. Andai tak ada, tersangka mungkin sudah babak belur, karena warga sangat geram dan tak kuat menahan emosi melihat kelakuan tersangka yang maling duit kotak amal tersebut.

“Nasib baik dia tu bang, kalau tidak habis dipelupuh warga,’’ katanya lagi.

Selanjutnya tersangka yang berhasil diamankan, langsung dibawa ke Pos Polisi yang berada di Km 8. Kemudian Ujang Piston digeledah petugas dan ditemukan barang bukti uang pecahan Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu, diduga didapatnya dari hasil mencuri kotak infak. Kemudian ada linggis dan sangkur yang digunakan tersangka untuk merusak gembok kotak amal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News