Pencurian & Perusakan Pipa Pertamina Sangat Berbahaya, Masyarakat Harus Sadari Itu

Pencurian & Perusakan Pipa Pertamina Sangat Berbahaya, Masyarakat Harus Sadari Itu
Pihak Pertamina membuat laporan terkait aksi pencurian BBM di Kelurahan Belawan Bahari ke Polres Belawan pada Kamis (26/10) petang. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BELAWAN - Pengamat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Juwari menilai pencurian dan perusakan pipa distribusi BBM milik Pertamina, seperti yang terjadi di Belawan sangat berbahaya.

Oleh karena itu menurutnya masyarakat harus menyadari bahaya tersebut, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Masyarakat harus sadar, tingkat bahayanya sangat tinggi. Tidak hanya bagi diri sendiri tetapi juga masyarakat sekitar,” kata Juwari.

Pemahaman kepada masyarakat memang sangat penting.

Apalagi Pertamina sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya pengamanan, termasuk upaya preventif seperti pemagaran dan berbagai tulisan peringatan.

“Persoalannya memang pada masyarakat,” lanjutnya.

Juwari mendorong pihak terkait untuk terus memberi pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat. Terutama, mereka yang berada di wilayah jalur pipa Pertamina.

“Jadi prinsipnya, poin utama adalah timbulnya kesadaran masyarakat terkait bahaya tersebut. Mengenai pihak yang menyampaikan, apakah Pertamina, Pemda atau instansi terkait, harus ada pembagian tugas yang tepat dan kesepakatan. Supaya tidak tumpang tindih,” kata dia. 

Masyarakat harus paham dan memberitahu ke Pertamina jika ada yang mencurigakan. Itu level tertinggi, jadi saling menjaga aset dan keselamatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News