Pendaftar PTN Gratis Melebihi Kuota, Dikti Gelar Seleksi

Pendaftar PTN Gratis Melebihi Kuota, Dikti Gelar Seleksi
Ilustrasi. Foto; AFP

jpnn.com - JAKARTA - Program pendidikan gratis yang tahun ini mulai dilaksanakan Kementerian Riset dan Dikti (Kemenristek Dikti) ternyata banjir peminat. Berdasarkan data yang masuk Jumat (11/3) pagi, sebanyak 117 ribu pendaftar melamar untuk pendidikan gratis.

Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas ‎Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN ) 2016 Bambang Hermanto mengungkapkan, program pendidikan gratis (Bidikmisi) memang masih baru.

Namun, sosialisasi gencar dilakukan di seluruh sekolah sehingga banyak siswa yang sudah tahu program tersebut. "Jadi 20 persen anggaran pendidikan dialokasikan juga untuk kuliah gratis. Ini berlaku untuk seluruh PTN," kata Bambang kepada JPNN, Jumat (11/3).

Dia menyebutkan, kuota perdana 2016 untuk pendidikan gratis sebanyak 60 ribu orang. Melihat banyaknya pendaftar, Kemenristek Dikti pun akan memberlakukan seleksi.

"Yang daftar memang melebihi kuota. Tentu ada seleksi dan tidak hanya di jalur SNMPTN, juga akan terbagi ke jalur seleksi lainnya seperti Seksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan seleksi mandiri," bebernya. (esy/jpnn)

 

 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News