Pendaftaran CPNS 2021: Pelamar Sekolah Kedinasan Sulit Bikin Akun SSCASN, Ini Solusinya

Pendaftaran CPNS 2021: Pelamar Sekolah Kedinasan Sulit Bikin Akun SSCASN, Ini Solusinya
Pendaftaran CPNS 2021 Jalur Sekolah Kedinasan. Ilustrasi praja IPDN. Foto: dok. Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Plt Deputi bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Teguh Widjinarko meminta para pelamar CPNS jalur sekolah kedinasan untuk memperhatikan prosedur pendaftaran.

Sebab, masih ada pelamar yang kesulitan mendaftar karena tidak mempersiapkan dokumennya.

Teguh menjelaskan sebelum melakukan pendaftaran ke sekolah kedinasan yang dituju, calon pelamar diwajibkan membuat akun SSCASN di situs dikdin.bkn.go.id.

Saat membuat akun, calon pelamar akan diminta memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

"Dalam tahapan ini calon pelamar kerap mengalami kendala karena ketidaksesuaian data antara NIK dan KK," kata Teguh, Senin (12/4).

Dia menyebut NIK atau KK calon pelamar kerap tidak terdeteksi karena tidak terdaftar.

Agar tidak terjadi ketidaksesuaian data antara NIK dan nomor KK/NIK kepala keluarga, calon pelamar diminta mengajukan perbaikan data ke Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat sesuai alamat KTP dan Disdukcapil Pusat untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki.

Teguh menyampaikan data kependudukan itu harus dipastikan sudah tersinkronisasi dengan server Dukcapil Pusat. Calon pelamar bisa menghubungi Direktorat Jenderal Dukcapil Pusat melalui email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

Ini soluai bagi pelamar CPNS jalur sekolah kedinasan yang tak bisa bikin akun SSCASN lantaran NIK dan KK tidak terdaftar..

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News