Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SPAN PTKIN Sudah Dimulai

Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SPAN PTKIN Sudah Dimulai
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tahapan pendaftaran mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Kemenag melalui jalur seleksi prestasi akademik nasional (SPAN-PTKIN) dimulai Rabu (23/1).

Diawali pengisian pangkalan data sekolah-siswa (PDSS) dan sekaligus pendaftaran oleh siswa. Tahun ini ditargetkan jumlah pendaftar bisa tembus 250 ribu siswa.

Ketua Forum Pimpinan PTKIN Kemenag Babun Suharto menuturkan tahun lalu jumlah pelamar SPAN-PTKIN berkisar 218 ribu orang. ’’Tahun ini harapan kami bisa lebih dari 250 ribu pelamar,’’ katanya.

Babun mengatakan peluncuran SPAN-PTKIN di Jakarta hari ini rencananya dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Rektor IAIN Jember itu mengingatkan supaya sekolah dan madrasah tidak lupa untuk mengisi PDSS SPAN-PTKIN. Caranya dengan mendaftar secara online melalui website www.span-ptkin.ac.id. Diantara dokumen yang disiapkan adalah sertifikat akreditasi dan SK kepala sekolah atau madrasah.

Babum menceritakan pengalaman tahun lalu, banyak siswa yang sebenarnya ingin mendaftar SPAN-PTKIN. Tetapi mereka harus kecewa karena tidak bisa mendaftar. Setelah ditelusuri, penyebabnya pihak madrasah atau sekolah tidak mengisi PDSS SPAN-PTKIN.

’’Ternyata dalam mindset sekolah atau madrasah, lebih familier dengan (PDSS, red) SNM PTN,’’ jelasnya.

Banyak sekolah yang mengira jika sudah mengisi PDSS SNMPTN, maka tidak perlu lagi mengisi PDSS SPAN-PTKIN. Padahal antara SNM PTN dengan SPAN-PTKIN Kemenag memiliki aplikasi PDSS masing-masing. Untuk itu sekolah yang sudah mengisi PDSS SNM PTN, tetap harus mengisi PDSS SPAN-PTKIN. Sehingga siswanya bisa ikut mendaftar SPAN-PTKIN 2019.

Pendaftaran mahasiswa baru PTKIN diawali pengisian pangkalan data sekolah-siswa (PDSS) dan sekaligus pendaftaran oleh siswa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News