Daftar 10 Perguruan Tinggi Islam Negeri Paling Diminati Siswa

Daftar 10 Perguruan Tinggi Islam Negeri Paling Diminati Siswa
Ketua Panitia Nasional SPAN PTKIN Imam Taufiq. Foto Humas Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 75.362 siswa dinyatakan lulus Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Menurut Ketua Panitia SPAN PTKIN Imam Taufiq, peserta yang lolos seleksi tahun ini lebih banyak dibanding pada 2022. Saat itu, ada 73.944 siswa yang dinyatakan lulus seleksi SPAN-PTKIN.

SPAN PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan menag. 

"Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis," tutur Imam Taufiq, Senin (3/4).

Menurut Iman yang juga rektor UIN Walisongo Semarang, peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang ditetapkan masing-masing PTKIN.

Dia mengucapkan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur masing-masing kampus PTKIN.

"Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, beasiswa Baznas, dan lainnya,” tuturnya.

Imam Taufiq menambahkan setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

10 Perguruan Tinggi Islam Negeri ini paling diminati siswa, berikut daftar lengkapnya 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News