Pendaftaran SNMPTN 2019 Diperpanjang Hingga 16 Februari

Pendaftaran SNMPTN 2019 Diperpanjang Hingga 16 Februari
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran SNMPTN 2019 (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019) hingga 16 Februari. Pasalnya sejak dibuka pada 4 Februari, hingga Rabu (13/2) jumlah pendaftarnya masih sedikit.

"Awalnya akan ditutup besok, 14 Februari, tapi yang daftar masih sedikit. Rerata siswa belum percaya diri memilih PTN dan progran studinya (prodi)," kata Ketua LTMPT Prof Ravik Karsidi di Jakarta, Rabu (13/2).

Dia menyebutkan, ada 613.861 siswa yang boleh daftar SNMPTN. Walaupun tingkat kunjungan tinggi, tapi siswa kebanyakan hanya login memelajari dan belum melakukan pendaftaran.

"Masih banyak yang ragu memilih PTN dan Prodi makanya jumlah pendaftarnya sedikit. Karena itu kami perpanjang pendaftaran sampai 16 Februari pukul 22.00 WIB," tuturnya.

Dia menjelaskan, pemerintah tetap memertahankan jalur SNMPTN karena beberapa alasan. Pertama, bagaimana kita menghargai prestasi sekolah (antara sekolah satu dengan yang lain belum merata kualitasnya).

Kedua, bagaimana kita menghargai prestasi siswa selama belajar di jenjang sekolah menengah.

Ketiga, bagaimana bisa memilih siswa yang terbaik dari yang berprestasi. Keempat, bagaimana sekolah membantu LTMPT memilih siswa yang terbaik secara adil dan jujur, dan lainnya. (esy/jpnn)


Masa pendaftaran SNMPTN 2019 diperpanjang hingga 16 Februari lantaran jumlah pendaftar masih sedikit.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News