Pengumuman! Pendaftaran SNMPTN Dimulai Siang Ini, Begini Prosedurnya

Pengumuman! Pendaftaran SNMPTN Dimulai Siang Ini, Begini Prosedurnya
Sebanyak 1,2 siswa bisa mendaftar SNMPTN 2020. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) dimulai hari ini (14/2). Tepat pukul 14.00 WIB, masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN) bakal dibuka.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menyatakan, masa pendaftaran SNMPTN 2020 sudah dimulai siang ini mulau pukul 14.00 WIB sampai dengan 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB. “Siswa yang dinyatakan eligible (memenuhi syarat) dimohon memperhatikan kerangka waktu pendaftaran SNMPTN tersebut," ujarnya melalui pernyataan resmi, Jumat (14/2).

Nasih menjelaskan, pendaftaran dinyatakan selesai setelah pendaftar mencetak kartu tanda peserta SNMPTN. Adapun calon mahasiswa yang tidak melakukan pencetakan kartu tanda peserta dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada SNMPTN 2020. 

"Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan call center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id," pungkasnya.(esy/jpnn)

Tahapan Pendaftaran SNMPTN:

  1. Siswa melakukan login melalui portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN.
  3. Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak 2 program studi dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 progam studi dalam 1 PTN, (b) memilih masing-masing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1 program studi pada 1 PTN.
  4. Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.
  5. Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.
  6. Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.
  7. Siswa mengisi data ketunaan (bila diperlukan).
  8. Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (√) pada olom yang tersedia.
  9. Siswa melakukan finalisasi pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah finalisasi dan cetak kartu, pendaftar tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.
    Guru Honorer Layak Diberhentikan?

Proses penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) dimulai hari ini (14/2) dengan pembukaan masa pendaftaran pada pukul 14.00 WIB.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News