Tahapan Mendaftar SNMPTN 2020, Nilai Rapor jadi Acuan

Tahapan Mendaftar SNMPTN 2020, Nilai Rapor jadi Acuan
Siswa SMA. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MEDAN - Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2020 dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara Prof Dr Ir Rosmayati MS menjelaskan, rapor semester satu sampai lima yang dipakai sebagai dasar penilaian.

"Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun. atau semester satu sampai semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun," kata Rosmayati, pada Sosialisasi dan Promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN Tahun 2020 kepada ribuan pelajar SMA/SMK/MA, di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, Sabtu (14/12).

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisi data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

"Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut," ujarnya.

Tahapan mengikuti SNMPTN dilakukan sebagai berikut. Yakni diawal registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Calon peserta baik SNMPTN, UTBK maupun SBMPTN diwajibkan untuk melakukan registrasi atau membuat akun di LTMPT melalui laman portal.ltmpt.ac.id.

Nilai rapor semester satu sampai lima akan dipakai sebagai dasar penilaian SNMPTN 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News