Pendaftaran Tes CPNS Terancam Mundur

Pendaftaran Tes CPNS Terancam Mundur
Pendaftaran Tes CPNS Terancam Mundur

jpnn.com - JAKARTA - Rencananya pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 dibuka mulai hari ini. Sejak kemarin sejumlah instansi pusat sudah mulai mengeluarkan pengumuman lowongan. Pendaftaran terpusat melalui website panselnas.menpan.go.id.

Persiapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) dan panitia seleksi nasional (panselnas) hingga tadi malam patut disorot.

Sebab meskipun beberapa instansi sudah mengumumkan lowongan CPNS, tetapi hingga pukul 19.00 WIB data yang terentri di laman panselnas.menpan.go.id masih satu instansi. Yaitu untuk Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan jumlah formasi 42 kursi.
 
Instansi lain yang sudah mengumumkan lowongan CPNS baru 2014 antara lain Kementerian Perdagangan (Kemendag), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).
 
Kemudian ada Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan Sekjen Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
 
"Memang benar masih ada satu instansi yang sudah kita input ke webset panselnas," ujar Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman. Namun dia berkali-kali mengatakan belum ada keputusan bahwa ada pengunduran dimulainya pendaftaran tes CPNS 2014.
 
"Sampai sekarang masih on schedule," tegasnya. Dia mengatakan bahwa keputusan resmi kapan pendaftaran tes CPNS akan dibuka, menunggu sinyal dari panselnas. Hari ini Herman mengatakan, akan diresmikan simulasi tes CPNS berbasis CAT (computer assisted test).
 
Herman mengatakan simulasi CAT ini penting media sosialiasi terhadap masyarakat untuk mempersiapkan diri menjelang tes CPNS. Dia menegaskan bahwa masyarakat harus terus mengupdate informasi resmi penerimaan CPNS 2014.
 
Diantaranya melalui website resmi instansi-instansi yang mendapatkan kuota CPNS baru. Selain itu juga dari website resmi Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (sscn.bkn.go.id), dan website panselnas.menpan.go.id.
 
Sementara itu lowongan formasi CPNS untuk lintas jurusan bukan isapan jempol. Dari sejumlah instansi yang sudah mengumumkan lowongan, tertera dengan jelas lowongan formasi untuk pelamar lintas jurusan pendidikan. Contohnya di Batan lowongan untuk lintas disiplin ilmu tersedia untuk formasi Analis Kepegawaian Pelaksana (3 kursi).
 
Kemudian di Kemendag lowongan untuk lintas disiplin ilmu tersedia untk formasi Perencana (5 kursi), di BKKBN untuk formasi Analis Hubungan Kelembagaan (1 kursi) dan Analis Program Perencanan (5 kursi). Lalu di Kemensos untuk formasi Auditor Pertama (3 kursi). (wan)


JAKARTA - Rencananya pendaftaran tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 dibuka mulai hari ini. Sejak kemarin sejumlah instansi pusat sudah mulai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News