Pendapat Bobby soal Ucapan Letjen Dudung bahwa Semua Agama Benar

Pendapat Bobby soal Ucapan Letjen Dudung bahwa Semua Agama Benar
Prajurit TNI. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bobby Adhityo Rizaldi berharap publik memahami secara utuh pernyataan Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Dudung Abdurachman yang menyebut semua agama benar di mata Tuhan.

Sebab, kata dia, ketika pernyataan Letjen Dudung dipahami secara utuh maka tidak akan terjadi polemik di publik. Toh, pernyataan tersebut konteksnya untuk mengajak prajurit TNI bijak bermedia sosial.

"Ya, kalau dilihat konteks pernyataan secara utuh, bukan potongan dari kutipan, sebenarnya biasa saja, maksudnya agar prajurit bijak bermedia sosial dan saling menghormati keyakinan masyarakat lain yang berbeda," kata Bobby melalui layanan pesan, Kamis (16/9).

Bobby pun menyebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sudah mendukung pernyataan Dudung, sehingga publik tidak perlu berpolemik lebih lanjut atas ucapan eks Pangdam Jaya itu.

"Ini juga sudah didukung menteri agama bahwa fanatisme agama itu untuk diri sendiri. Prajurit diminta menjadi bagian dari yang memelihara kerukunan beragama, bukan menjadi sumber kegaduhan di media sosial dalam konteks keyakinan beragama," tutur legislator fraksi Partai Golkar itu.

Letjen Dudung sebelumnya memberikan penjelasan atas ucapannya yang menyebut semua agama itu benar di mata Tuhan, yang disampaikan saat menghadiri acara di Markas Yonzipur 9/Para, Divif 1 Kostrad, Bandung, Senin (13/9).

Belakangan ucapan tersebut menuai komentar dari beberapa pihak, satu di antaranya dari pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Letjen Dudung menegaskan bahwa dirinya sebagai Pangkostrad perlu mengatakan semua agama benar, di hadapan prajuritnya. Sebab, eks Pangdam Jaya itu memiliki prajurit yang berasal dari berbagai pemeluk agama.

Bobby Adhityo Rizaldi menanggapi pernyataan Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman bahwa semua agama benar di mata Tuhan.