Pendapatan Lulusan SMK dari Kudus Ini Menyaingi Pekerja Bertitel Sarjana

Pendapatan Lulusan SMK dari Kudus Ini Menyaingi Pekerja Bertitel Sarjana
Rahma Agustina, alumni SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dalam talkshow bertajuk “Cerita Vokasi”. Foto dokumentasi Djarum Foundation

jpnn.com, SURABAYA - Banyak prestasi ditorehkan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) binaan Djarum Foundation. Salah satunya oleh Rahma Agustina, alumus SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus jurusan Rekayasa Perangkat Lunak.

Rahma mulai merintis karier sebagai iOS Developer di sebuah perusahaan software terkemuka di Indonesia.

Kisah Rahma dalam menggapai impiannya berkarier di bidang teknologi informasi diceritakannya saat menjadi pembicara dalam talkshow bertajuk “Cerita Vokasi” di Grand City Surabaya, Minggu (31/7).

Dalam bincang santai yang dipandu Marissa Anita ini, Rahma berbagi inspirasi bersama Risa Maharani, lulusan SMK NU Banat Kudus dan Abing Susanto Guru SMKN 12 Surabaya. 

Gelar wicara ini merupakan salah satu mata acara dalam ajang Vokasiland 2022 yang diselenggarakan dalam menyambut peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2022.

Dara berusia 20 tahun tersebut bercerita, perjuangannya dimulai tatkala, Dia membulatkan tekad menimba ilmu di SMK RUS. Rahma sadar, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bukanlah bidang studi favorit bagi kaum hawa.

“Ketika saya masuk SMK RUS, di jurusan itu perempuannya cuma delapan orang dari total 25 siswa. Ini tantangan tersendiri, karena sebagai wanita saya tidak ingin dipandang sebelah mata saat belajar,” terang Rahma.

Selain stigma wanita tidak begitu paham tentang seluk beluk dunia tekonologi, Rahma juga harus melawan pandangan umum. Wanita harus cepat menikah alih-alih menuntut ilmu setinggi mungkin. 

Kisah menarik disampaikan salah satu lulusan SMK dari Kudus. Pendapatannya bisa bersaing dengan pekerja bergelar sarjana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News