Pendidik Jangan Bergaya Feodal

Sekolah Wajib Memiliki Statuta

Pendidik Jangan Bergaya Feodal
Pendidik Jangan Bergaya Feodal
JAKARTA-Mantan Menteri Pendidikan Nasional Yahya Muhaimin menegaskan bahwa setiap sekolah sebaiknya diwajibkan untuk memiliki statuta yang di dalamnya dicantumkan secara eksplisit dan jelas mengenai pengembangan karakter di sekolah tersebut.

Yang dimaksud statuta itu sendiri merupakan suatu pedoman dasar penyelenggaraan kegiatan sebagai acuan perencanaan, pengembangan program dan  kegiatan fungsional sesuai tujuan  sekolah yang berisi dasar rujukan pengembangan peraturan akademik dan prosedur operasional.

“Pengembangan karakter bangsa lebih ditekankan kepada kegiatan internalisasi atau penghayatan dan pembentukan tingkah laku. Jadi bisa dikatakan hal ini bukan dalam kurikulum, tetapi dalam program,” kata Yahya Muhaimin di Hotel Bumikarsa Bidakara, Jakarta, Kamis (14/1).

.

Di dalam setiap statuta sekolah, lanjut Yahya, nantinya juga akan mencantumkan nilai-nilai dasar atau yang merupakan ciri khas karakter bangsa Indonesia yaitu yang bersumber pada nilai-nilai agama maupun nilai-nilai kenegaraan, patriotisme, dan nasionalisme. “Nilai-nilai dasar tersebut, misalnya jujur, dapat dipercaya, amanah, kebersamaan, peduli kepada orang lain, adil, dan demokratis,” terangnya.

JAKARTA-Mantan Menteri Pendidikan Nasional Yahya Muhaimin menegaskan bahwa setiap sekolah sebaiknya diwajibkan untuk memiliki statuta yang di dalamnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News