Pendiri Apple Sarankan iPhone Juga Gunakan Android

Pendiri Apple Sarankan iPhone Juga Gunakan Android
Pendiri Apple Sarankan iPhone Juga Gunakan Android

jpnn.com - SAN FRANCISCO - Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak dikenal sebagai orang yang sering bicara blak-blakan dan jujur. Tapi kali ini, ucapan pria yang bersama mendiang Steve Jobs merintis Apple itu  benar-benar keluar dari pakem sebagai mantan petinggi di raksasa teknologi asal AS itu.

Woz -panggilan Steve Wozniak- mengusulkan agar Apple merilis handset dengan sistem operasi (OS) Android. Gagasan itu tentu saja memicu kontroversi dan mustahil terlaksana sebab sejak lama Apple dan Google sebagai pembuat Android, layaknya musuh bebuyutan.

Kedua raksasa teknologi itu tak hanya bersaing lewat promosi yang  gila-gilaan, tapi juga tak segan berperang di pengadilan. Namun, Woz tentu punya alasan dengan mengusulkan Apple menggunakan Android. "Supaya bisa bersaing di dua segmen pasar sekaligus," ucap Woz seperti dikutip dari Wired, Jumat (7/2).

Maksudnya, Apple tetap memproduksi handset premium seperti iPhone 5S, tapi juga merilis handset kelas menengah Android. Secara teknis hal ini bisa terlaksana sebab Android merupakan OS terbuka berbasis Apache Software License 2.0, dan dimungkinkan dikembangkan sendiri oleh pembuat ponsel manapun.

Apple bisa membuat Android versinya sendiri seperti halnya tengah dilakukan Amazon. Yang agak jadi hambatan, kata Woz, Apple harus membeli lisensi aplikasi penting Android seperti Google Maps dan Gmail.

Dikatakan pula, dia mendukung keputusan Apple untuk tak memberikan fitur baru ke iPhone. "Jika itu sudah baik jangan diubah," tambah Woz. (pra/jpnn)


SAN FRANCISCO - Salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak dikenal sebagai orang yang sering bicara blak-blakan dan jujur. Tapi kali ini, ucapan pria


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News