Penduduk Bertambah, Minta 2 Juta Tabung Elpiji 3 Kg

Penduduk Bertambah, Minta 2 Juta Tabung Elpiji 3 Kg
Ilustrasi elpiji 3 kg. Foto: JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Jumlah penduduk dan pelaku usaha yang makin banyak membuat Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Penajam Paser Utara (PPU) mengajukan penambahan kuota untuk elpiji tiga kilogram.

Tahun lalu, Benuo Taka, julukan PPU dijatah 1.783.350 tabung elpiji bersubsidi dan terealisasi semuanya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Diskukmperindag PPU Rusli mengatakan, kuota elpiji tiga kilogram diusulkan menjadi 2.083.350 tabung untuk penyaluran 2017.

“Usulan penambahan ini kami lakukan seiring makin berkembangnya jumlah penduduk dan pelaku usaha. Mudah-mudahan bisa terealisasi dan masyarakat terlayani,” katanya.

Dia mengaku, selama ini setiap daerah mendapat tambahan tujuh persen dari jatah elpiji yang diberikan setiap tahun.

Namun, Pemkab PPU ini tidak pernah mengambil jatah yang diberikan pemerintah pusat itu.

“Sebenarnya itu diberikan untuk mengantisipasi kelangkaan elpiji. Mudah-mudahan tidak ada permainan dari agen dan pangkalan, sehingga masyarakat bisa dilayani,” ucapnya.

Harga eceran tertinggi (HET) elpiji tiga kilogram menurut Peraturan Bupati (Perbup) PPU sebesar Rp 20 ribu untuk tingkat agen dan pangkalan.

Jumlah penduduk dan pelaku usaha yang makin banyak membuat Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Penajam Paser Utara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News