Penduduk Jerman Turun 1,5 Juta

Penduduk Jerman Turun 1,5 Juta
Penduduk Jerman Turun 1,5 Juta
BERLIN - Jerman merevisi jumlah penduduknya. Itu dilaksanakan setelah pemerintah melakukan sensus dan mengetahui bahwa populasi penduduknya tidak sebanyak yang diyakini selama ini. Kemarin (31/5) pemerintahan Kanselir Angela Merkel tersebut mengurangi 1,5 juta jiwa penduduknya.

Berdasar sensus terbaru, penduduk Jerman tercatat 80,2 juta jiwa. Sebelumnya, selama bertahun-tahun, populasi negeri itu diyakini berjumlah 82 juta jiwa. Dalam survei komprehensif pertama sejak 1987 tersebut, pemerintah mencatat penurunan 14,9 persen jumlah warga asing yang tinggal di negara berbentuk republik federasi itu. ''Ada penurunan sekitar 1,1 juta penduduk asing,'' terang Kantor Statistik Federal (FSO).

FSO merupakan lembaga pemerintah yang menyelenggarakan sensus komprehensif itu pada 2011. Hasil sensus yang baru dipublikasikan kemarin tersebut merupakan cacah jiwa pertama yang dilakukan di Jerman setelah tidak lagi terbelah menjadi barat dan timur.

Menurut FSO, penurunan jumlah penduduk itu terjadi di kota-kota besar. Misalnya, Kota Berlin dan Kota Hamburg. Di dua kota tersebut, jumlah penduduk turun masing-masing 180 ribu dan 80 ribu. Itu terjadi karena arus keluar masuk warga asing di dua kota tersebut cukup deras.

BERLIN - Jerman merevisi jumlah penduduknya. Itu dilaksanakan setelah pemerintah melakukan sensus dan mengetahui bahwa populasi penduduknya tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News