Pendukung Angket Dinilai Ingin Gulingkan SBY

Pendukung Angket Dinilai Ingin Gulingkan SBY
Pendukung Angket Dinilai Ingin Gulingkan SBY
JAKARTA - Politisi Demokrat Benny K Harman menyatakan, usulan hak angket perpajakan yang diusung oleh Golkar dan PKS beberapa waktu lalu bukanlah untuk memperbaiki sistem perpajakan Indonesia. Namun di balik itu, partai pendukung hak angket itu ingin menggulingkan SBY.

"Ada motivasi mengulingkan pemerintah sebelum 2014 dalam hak angket ini. Ada upaya untuk mendiskreditkan Demokrat sebelum 2014," kata Benny dalam diskusi yang bertajuk Hak Angket Dalam Perspektif Presidensil yang diadakan Pokja Hukum dan HAM Partai Demokrat di Hotel Nikko, Jakarta, kemarin.

Ketua Komisi III DPR ini menegaskan, karena alasan itulah Demokrat mati-matian membendungnya. Ada motivasi yang tidak jujur. Wajar kalau kami wajib mencegahnya. Jadi, lanjut Benny, Demokrat menolak usulan itu bukan soal hak angketnya, tapi karena melihat ada konspirasi jahat di balik itu.  "Ada motivasi yang terselubung di dalam itu. Makanya, kita tolak," tandasnya.

Di tempat yang sama, pengamat politik UI, Arbi Sanit berpendapat hak angket DPR dalam sistem pemerintahan presidensial seperti sekarang perlu ditata kembali. Belajar dari pengalaman hak angket Century dan hak angket pajak, tak jarang hak angket tersebut disalahgunakan demi kepentingan politik individu atau golongan tertentu dan bukan kepentingan rakyat.

JAKARTA - Politisi Demokrat Benny K Harman menyatakan, usulan hak angket perpajakan yang diusung oleh Golkar dan PKS beberapa waktu lalu bukanlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News