Penebalan Landasan Bandara Banyuwangi Dimulai Tahun Depan

Penebalan Landasan Bandara Banyuwangi Dimulai Tahun Depan
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat bertemu dengan Menhub Budi Karya dan Dirjen Udara Kemenhub Suprasetyo, Jumat (16/8) kemarin. Foto Istimewa

jpnn.com - JAKARTA – Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, terus dibenahi. Salah satunya adalah penguatan landasan (runway) bandara dari 28 menjadi PCN 40. Penebalan ini akan dilakukan mulai awal 2017.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bersyukur, langkah pembenahan itu mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

”Alhamdulillah, saya kemarin bertemu Menhub Pak Budi Karya Sumadi. Beliau sangat mendukung pengembangan bandara Banyuwangi. Ada sejumlah anggaran yang dialokasikan untuk penebalan awal 2017,” ujar Anas di Kemenhub, Jumat (26/8) kemarin.

Anas mengatakan, Kemenhub juga mendukung pesawat sejenis Boeing 737-500 agar bisa segera beroperasi, tanpa menunggu penebalan runway. Sebab, dengan tebal runway saat ini, sebenarnya sudah bisa didarati pesawat tersebut.

Hanya saja, Kemenhub meminta peningkatan fasilitas Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PPK) dipenuhi.

"PPK kan harganya cukup mahal, model pemadam yang lebih advanced. Sambil menunggu dari Kemenhub, kami diberi solusi untuk sementara sewa ke PT Angkasa Pura,” papar Anas.

Dengan begitu, penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi yang sudah dinantikan para wisatawan dan dunia usaha bisa direalisasikan segera mungkin.

Anas menambahkan, pihaknya juga melaporkan pengerjaan tahap akhir terminal baru di Bandara Banyuwangi, yang dibangun dengan biaya APBD Provinsi Jatim dan Banyuwangi.

JAKARTA – Bandara Blimbingsari, Kabupaten Banyuwangi, terus dibenahi. Salah satunya adalah penguatan landasan (runway) bandara dari 28 menjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News