Peneliti dari Australia Sebut Golkar Punya Mesin Politik Tercanggih di Indonesia

Peneliti dari Australia Sebut Golkar Punya Mesin Politik Tercanggih di Indonesia
Peneliti sejarah Golkar dari Australia Sydney David Reeve sebut Golkar punya mesin politik tercanggih di Indonesia. Foto: Golkar

jpnn.com - JAKARTA - Profesor politik dari UNSW Sydney David Reeve menyebut Partai Golkar memiliki mesin politik tercanggih di Indonesia.

Dia menilai Partai Golkar bisa memiliki mesin politik tercanggih karena adanya transformasi yang dilakukan partai tersebut.

Demikian dikemukakan David Reeve pada diskusi ‘Golkar & Partai Tengah: Dialektika Partai Golkar dalam Transformasi Politik’ yang digelar Golkar Institute, Selasa (28/3).

"Selama proses pengalaman Golkar itu, Golkar sukses menciptakan mesin politik yang tercanggih dan terbagus di Indonesia,” ucapnya.

Peneliti sejarah Golkar dari Australia ini lebih lanjut mengatakan di awal reformasi banyak parpol yang harus memulai dari nol agar bisa mengakar di masyarakat.

Sementara Golkar sudah memiliki mesin politik yang mengakar di banyak sektor.

"Golkar sudah ada mesin yang canggih dan efektif, tetapi ada kagetnya di situ karena kemenangannya bukan hanya karena idenya, tetapi karena canggihnya mesinnya,” kata David Reeve.

Sementara itu Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partainya akan terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dan bertekad menjadi partai yang melakukan transformasi digitalisasi pada semua aspek.

Peneliti sejarah Golkar dari Australia menyebut partai berlambang pohon beringin punya mesin politik tercanggih di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News