Peneliti: Duet Ganjar-Airlangga Mewakili Aspirasi KIB

Peneliti: Duet Ganjar-Airlangga Mewakili Aspirasi KIB
Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Gubernur Jawa Tengah dalam sebuah acara beberapa waktu lalu. Foto: Dok. KIB

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti SMRC Saidiman Ahmad mengatakan dalam survei yang dilakukan SMRC beberapa waktu lalu, simulasi pasangan Ganjar-Airlangga mendapatkan suara yang tinggi dibandingkan paslon lain.

Pasangan ini juga disebut memenuhi aspirasi parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Pasangan Ganjar-Airlangga saya kira cukup mewakili aspirasi Golkar-PAN-PPP. Walaupun sama-sama dari partai kebangsaan, tapi Ganjar sebenarnya cukup dekat dengan kelompok Islam. Beberapa keluarga dekatnya aktif di PPP, termasuk mertua dan kakak iparnya. Saat ini dia juga didampingi oleh tokoh PPP sebagai wakil gubernur,” tegas Saidiman, Rabu (19/10/2022).

Pada survei SMRC terbaru tentang agama dan pemilih Pilpres 2024, Ganjar disukai baik oleh pemilih muslim dan non muslim.

“Sementara pada Ganjar Pranowo, selisih proporsi pemilih Muslim dan non-Muslim yang mendukungnya kecil bahkan ada kecenderungan proporsi pemilih non-Muslim lebih besar dibanding yang Muslim,” imbuh Saidiman.

Sebelumnya, Duet Ganjar-Airlangga cukup dalam survei SMRC, Agustus 2022, dalam simulasi tiga pasangan, duet Ganjar-Airlangga mendapatkan 33 persen suara. Sementara Anies-AHY 25 persen dan Prabowo-Puan 25 persen.

Dalam tubuh KIB, kader PPP dan PAN menyebut nama Ganjar sebagai Capres mereka. Sementara Partai Golkar tunduk pada Munas dan Rakernas menunjuk Ketum Airlangga sebagai Capres. Dari sisi elektabilitas, Ganjar unggul dibandingkan Airlangga. Namun jika Ganjar dipasangkan dengan Airlangga,

“Terlihat Airlangga bisa memperkuat Ganjar,“ tegas Saidiman.

Peneliti SMRC Saidiman Ahmad mengatakan pasangan Ganjar-Airlangga memenuhi aspirasi parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News