Peneliti Keamanan Temukan Bug Pada Aplikasi Android Ini, Waspada!

Selasa, 16 Februari 2021 – 22:57 WIB
Peneliti Keamanan Temukan Bug Pada Aplikasi Android Ini, Waspada! - JPNN.com
Aplikasi SHAREit pada smaetphone Android. Foto: SHAREitguide

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu aplikasi Android, SHAREit dikabarkan mengandung bug berbahaya yang belum diperbaiki selama tiga bulan lalu.

Analis Perusahaan Keamanan Siber Trend Micro Echo Duan mengatakan, aplikasi berbagai file melalui smartphone itu mengandung bug yang dapat diekapolitas untuk menjalankan kode berbahaya pada smartphone yang di dalamnya terpasang SHAREit.
 
"Akar dari kerentanan keamanan ini disebabkan karena kurangnya batasan yang tepat mengenai siapa saja yang dapat memanfaatkan kode aplikasi," ungkap Duan, seperti dikutip dari Zdnet, Selasa (16/2).

Duan menyebut, aplikasi berbahaya yang dipasang pengguna dapat melakukan serangan jaringan dan dapat mengirim perintah jahat ke aplikasi SHAREit.

Tindakan itu tentunya dapat berdampak pada pembajakan fitur sahnya untuk menjalankan kode khusus, menimpa file lokal aplikasi, hingga menginstal aplikasi lain tanpa sepengetahuan pengguna.

Selain itu, SHAREit juga rentan dengan serangan yang disebut Man-in-the-Disk.

Duan mengatakan, pihaknya sudah memberitahukaan informasi mengenai adanya bug di aplikasi SHAREit, tetapi pihak SHAREit justru tidak memberikan respon.

"Kami telah melaporkan kerentanan ini ke vendor, tetapi belum memberikan respons hingga kini," kata Duan.

"Kami memutuskan untuk mengungkapkan penelitian kami tiga bulan setelah melaporkan hal ini, karena akan banyak pengguna yang mungkin terkena dampak dari serangan ini. Sebab, penyerang bisa mencuri data sensitif," pungkas Duan. (ddy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...