Peringatan Bagi Pengguna Android, Segera Hapus Aplikasi Ini, Berbahaya!

Peringatan Bagi Pengguna Android, Segera Hapus Aplikasi Ini, Berbahaya!
Ilustrasi, Logo Android. Foto: Gizchina

jpnn.com, JAKARTA - Malwarebytes memperingatkan kepada pengguna Android, aplikasi pemindai barcode bernama Barcode Scanner bisa menjadi alat penyebar malware.

Aplikasi populer yang tersedia di Google Play Store itu menjadi berbahaya setelah setelah menerima pembaruan.

"Mengerikan bahwa dengan satu update aplikasi bisa berubah menjadi berbahaya saat berada di bawah radar Google Play Store. Saya heran pengembang aplikasi dengan aplikasi populer mau mengubahnya menjadi malware," kata peneliti Malwarebytes Nathan Collier lansir Gizmodo.

Malwarebytes mendapati beberapa pengguna aplikasi tersebut mengeluhkan sejumlah keanehan yang muncul di ponsel mereka, seperti browser default yang dibuka dengan sendirinya dan menampilkan iklan secara tiba-tiba.

Awalnya beberapa pengguna tidak mengetahui apa yang menyebabkan gangguan itu.

Namun akhirnya peneliti Malwarebytes menemukan bahwa Barcode Scanner merupakan biang keroknya.

Malware yang menyebabkan ponsel sering menampilkan iklan itu disebarkan ke ponsel pengguna lewat pembaruan yang digulirkan pada Desember lalu.

Menurut Nathan, malware yang ada di Barcode Scanner kadang disebabkan oleh software development kits (SDK) dari pihak ketiga yang digunakan pengembang untuk memasang iklan di aplikasinya.

Malwarebytes memperingatkan kepada pengguna Android, aplikasi pemindai barcode bernama Barcode Scanner bisa menjadi alat penyebar malware.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News