Peneliti Senior BRIN Prof Lili Romli: PKB Bisa Mendapat Caleg Berkualitas

Peneliti Senior BRIN Prof Lili Romli: PKB Bisa Mendapat Caleg Berkualitas
PKB mengundang dua akademisi menjadi penguji dalam UKK bacaleg DPR RI. Foto: Tim PKB

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang digelar DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat pujian dari penguji eksternal dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Melalui UKK tersebut, PKB yang kini dipimpin Abdul Muhaimin Iskandar diyakini bisa  mendapatkan para calon legislatif (Caleg) yang berkualitas.

"Saya kira melalui mekanisme UKK, PKB bisa memperoleh caleg yang berkualitas dan memiliki basis massa yang riil," kata peneliti senior BRIN Prof Lili Romli, Jumat (3/3).

Prof Lili yang dihadirkan dalam UKK sebagai penguji eksternal berharap mekanisme seleksi bacaleg PKB tersebut bisa dilanjutkan di masa mendatan.

Dengan demikian, kata Prof Lili, PKB akan mengetahui visi-misi setiap bacaleg dengan jelas.

Dia bahkan menyebut dari lima bacaleg yang diujinya, ada yang cukup bagus, dan ada yang belum jelas strategi, visi, dan misinya.

"Makanya, saya bilang UKK ini penting untuk dilaksanakan agar mendapatkan bacaleg yang memahami visi misi partai," ujar dia.

Prof Lili juga berharap partai lain mau menduplikasi mekanisme UKK seperti PKB guna mengidentifikasi track record bacaleg yang akan diusung partai.

Peneliti Senior BRIN Prof Lili Romli meyakini PKB bisa mendapatkan caleg berkualitas melalui uji kelayakan dan kepatutan (UKK).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News