Peneliti Temukan 280 Kawah Baru di Bulan

Peneliti Temukan 280 Kawah Baru di Bulan
Peneliti Temukan 280 Kawah Baru di Bulan
PERTH--Para peneliti di Curtin University, Perth telah menemukan 280 kawah baru di Bulan dengan cara menggabungkan data tentang gravitasi dan permukaan Bulan untuk pertama kalinya di dunia.

Proyek yang didanai hibah Pemerintah Federal Australia tersebut mengembangkan citra resolusi tinggi gravitasi Bumi. Lantas, menerapkan teknik yang sama untuk Bulan yang memungkinkan mereka mengungkapkan cekungan dengan lebih rinci serta belum pernah dipetakan sebelumnya.

"Kami pertama kali mencari kawah di sisi jauh Bulan, yang tidak dapat dilihat dari Bumi," kata Profesor Will Featherstone, seperti dilansir abc (18/6).

Langkah ini kemudian disusul dengan memetakan semua kawah di Bulan dengan menggunakan teknik baru tersebut. "Kami mampu untuk menemukan kawah baru. Beberapa dari mereka telah dilihat sebelumnya, tapi apa yang kami lakukan adalah menggunakan kedua gravitasi dan topografi bersama-sama untuk memberikan indikasi yang kuat bahwa memang ada sesuatu di sana," tegasnya.

PERTH--Para peneliti di Curtin University, Perth telah menemukan 280 kawah baru di Bulan dengan cara menggabungkan data tentang gravitasi dan permukaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News