Selasa, 18 Juni 2019 – 01:43 WIB

Penelitian Lakpesdam PBNU Dukung Inovasi Produk Tembakau Alternatif

Senin, 18 Februari 2019 – 16:08 WIB
Penelitian Lakpesdam PBNU Dukung Inovasi Produk Tembakau Alternatif - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendukung inovasi yang diciptakan melalui produk tembakau alternatif.

Hal itu terlihat dari penelitian Lakpesdam PBNU dalam buku berjudul Fikih Tembakau-Kebijakan Produk Tembakau Alternatif di Indonesia.

Berdasarkan sejumlah kajian ilmiah, produk tembakau alternatif yang dikonsumsi dengan cara dipanaskan diyakini memiliki risiko kesehatan lebih rendah.

Tim penulis Lakpesdam PBNU Idris Masudi menjelaskan, dalam konteks fikih, inovasi teknologi diperbolehkan bahkan dianjurkan sebagai upaya memberikan manfaat (kemaslahatan) yang lebih besar bagi umat manusia.

Kemaslahatan yang dimaksud antara lain adalah upaya menurunkan risiko kesehatan melalui penggunaan produk tembakau alternatif.

Dia menambahkan, dalam konteks fikih Islam, mengembangkan ilmu pengetahuan melalui inovasi teknologi yang memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat memang dianjurkan.

Pihaknya melihat inovasi yang dilakukan itu lebih banyak manfaat ketimbang keburukannya. 

“Pertama, produk tembakau alternatif secara ilmiah terbukti mengurangi risiko kesehatan. Kedua, secara ekonomi produk ini masih menggunakan tembakau sebagai bahan dasar sehingga tidak mengganggu perekonomian petani-petani dari kalangan NU,” kata Idris, Minggu (17/2).

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar