Penerima Raskin Berkurang

Penerima Raskin Berkurang
Penerima Raskin Berkurang
PALEMBANG - Untuk tahun depan, rumah tangga sasaran (RTS) penerima alokasi beras untuk rakyat miskin (raskin) diperkirakan akan berkurang. Prediksi ini diungkapkan Kepala Bulog Divre Sumsel, Bambang Napitupulu, Minggu (14/10).

Menurutnya, secara nasional tahun depan (2013, red), total penerima raskin berkurang dari 17,5 juta RTS menjadi 15,5 juta. Artinya, untuk seluruh wilayah Indonesia ada pengurangan 2 juta RTS. ”Kemungkinan besar pasti berdampak untuk Sumsel, penerima RTS yang ada akan ikut dikurangi,” tuturnya.

Adanya penurunan RTS penerima raskin disesuaikan dengan data TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan). Diungkapkan Bambang, jumlah penerima raskin tahun ini saja ada penurunan sekitar 10 persen dibandingkan tahun lalu (2011).

”Kalau tahun lalu masih gunakan data BPS hasil PPLS 2008. Lalu berkurang setelah gunakan data PPLS 2011,” cetusnya. Untuk diketahui, penerima raskin di Sumsel periode Januari-Mei 2012 mencapai 596.942 RTS. Namun, untuk periode Juni – Desember, yang menerima program raskin berkurang cukup banyak. ”Berdasar data kuota penerima yang kita terima, sejak Juni hingga Desember nanti yang menerima hanya 459.561 RTS atau kalau digabung bersama penerima RTS di Provinsi Babel ada 502.931 RTS,” jelasnya.

PALEMBANG - Untuk tahun depan, rumah tangga sasaran (RTS) penerima alokasi beras untuk rakyat miskin (raskin) diperkirakan akan berkurang. Prediksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News