Penerjemah Bahasa di Upacara Mandela Ternyata Gila

Berdiri di Sebelah Obama Saat Berpidato

Penerjemah Bahasa di Upacara Mandela Ternyata Gila
EHH... TERNYATA GILA: Penerjemah bahasa isyarat Thamasanqa Jantjie yang berdiri di sebelah Presiden AS Barack Obama saat upacara penghormatan mantan Presiden Afsel Nelson Mandela ternyata mengalami gangguang kejiwaan skizofrenia. FOTO: AFP/getty images

jpnn.com - JOHANNESBURG - Upacara penghormatan jenazah mantan Presiden Afsel Nelson Mandela menyisakan cerita unik. Ya, di saat beberapa pemimpin dunia memberikan testimoni di podium Soccer City stadium Selasa (10/12) lalu, di sebelahnya ada seorang pria yang bertugas menerjemahkan pidato dengan bahasa isyarat. Ternyata baru terungkap bahwa penerjemah bernama Thamasanqa Jantjie itu adalah orang yang mengalami gangguan jiwa. 

Dia disebut-sebut mengalami skizofrenia. Karenanya saat menjermahkan dia hanya menggerak-gerakkan tangan dan badannya dengan ngawur, alias tak ada artinya. 

Saat diwawancarai beberapa media, Jantjie mengakui dirinya memang pernah mengalami gangguan kejiwaan dan pernah dirawat di rumah sakit jiwa lebih dari satu tahun. Nah, dalam acara upacara penghormatan Mandela, dirinya melihat malaikat besar yang turun di acara tersebut. Selain itu dia juga mendengar suara-suara aneh nan keras di atas kepalanya. Itu semua membuatnya kebingungan. 

"Apa yang terjadi hari itu, saya melihat malaikat datang ke stadion. Saya mulai menyadari bahwa masalahnya adalah di sini (kedatangan malaikat). Kadang-kadang saya bereaksi dengan kekerasan di tempat-tempat tertentu. Bahkan, kadang-kadang saya akan melihat hal-hal yang mengejar saya, "kata Jantjie saat ditemui di rumahnya di kawasan Johannesburg.

Kata dia, halusinasi itu datang saat dirinya mulai menerjemahkan pidato ke bahasa isyarat di atas panggung. "Tapi bagaimanapun juga saya harus tetap tenang dan tidak panik, karena banyak polisi bersenjata lengkap di sekitar saya," kata dia seperti dikutip dailymail Jumat (13/12). Belum lagi, sekitar 95 ribu lebih pasang mata pengunjung tertuju ke arah tokoh-tokoh dunia yang sedang berpidato. 

Dari rekaman yang beredar, saat Presiden Amerika Barack Obama berbicara di depan podium, Jantjie  yang bediri di sebelahnya tanpa batasan apapun itu hanya menggerak-gerakkan tangan dan tubunya dengan monoton dan itu-itu saja. Tentu saja itu membuat banyak orang curiga. "Saya sudah lupa apa yang telah saya lakukan," kata dia.

Pria yang menempuh pendidikan bahasa isyarat selama satu tahun di Cape Town, Afsel itu mengatakan, hari upacara penghormatan Mandela sebenarnya adalah hari jatuh tempo dimana Jantjie harus memeriksakan kondisi kesehatannya mentalnya pada enam bulan sekali. Pemeriksaan itu untuk menentukan tentang apakah dia boleh bekerja, apakah dirinya masih membutuhkan obat dan lainnya.  

Jantjie pun meminta maaf kepada semua orang atas apa yang dilakukannya kala itu. "Saya ingin memberitahu semua orang bahwa jika saya telah menyinggung siapapun,  maafkan saya," kata Jantjie.

JOHANNESBURG - Upacara penghormatan jenazah mantan Presiden Afsel Nelson Mandela menyisakan cerita unik. Ya, di saat beberapa pemimpin dunia memberikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News