Pengadilan Denda Neymar Rp 16 Miliar

Pengadilan Denda Neymar Rp 16 Miliar
Neymar. Foto: EPA

jpnn.com, PARIS - Pemain temahal dunia, Neymar belum lepas dari perhatian. Belum dingin perseteruannya dengan rekan satu tim di PSG, Edinson Cavani, kini muncul masalah baru.

Penyerang 25 tahun itu harus berurusan dengan pengadilan federal Brasil. Neymar kena denda sebesar GBP 900 ribu atau sekitar Rp 16 miliar.

Penyebabnya, kapten timnas Brasil itu kedapatan berusaha untuk menghindar dari membayar pajak. Aksi tidak terpuji Neymar itu diperkirakan terjadi antara 2011 dan 2013 atau saat masih berkostum Santos.

Saat itu seharusnya pajak pribadi bagi Neymar yang harus dilaporkan adalah sekitar 27,5 persen. Namun, dia justru menggunakan pajak tingkat perusahaan yang lebih rendah, sekitar 15-25 persen.

Buntut dari hal itu adalah pihak pengadilan bisa menyita aset Neymar berdasarkan investigasi di Brasil senilai GBP 46 juta (sekitar Rp miliar 820 miliar). Dan, yang didenda bukan hanya Neymar. Melainkan orang tua Neymar dan perusahaan yang ikut masuk dalam perkara tersebut.

''Apa yang dilakukan Neymar sangat buruk dan bisa sangat merugikan dan memalukan martabat hukum,'' kata Carlos Muta, hakim yang menangani kasus itu sebagaimana dilansir Goal. (io)


Bukan hanya Neymar, tapi juga orang tuanya.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News