Pengalaman Warga Indonesia Mengurus Pemakaman Anggota Keluarganya di Australia

Pengalaman Warga Indonesia Mengurus Pemakaman Anggota Keluarganya di Australia
Bagi warga migran yang tinggal di Australia, urusan pemakaman bagi anggota keluarganya yang meninggal dunia tidak selalu berjalan lancar. (Kate Ryan)

Bagi warga Muslim asal Indonesia di Australia, urusan pemakaman bagi anggota keluarganya yang meninggal dunia tidak selalu berjalan lancar. Seringkali jenazah harus menunggu berhari-hari sebelum dimakamkan.

Seorang warga asal Indonesia, Yenni, baru dua tahun menetap di Australia ketika suaminya, Rune, meninggal dunia di rumah-sakit.

Ia belum mengenal siapa-siapa dari komunitas Indonesia, sementara Rune merupakan warga asal Norwegia yang telah lama bekerja dan menetap di negara ini. 

"Kejadiannya 23 Juli 2020. Almarhum meninggal karena penyakit jantung," ujar Yenni.

"Saya sama sekali tidak ada pemikiran ke sana. Seminggu sebelumnya kita sudah berencana pulang ke rumah karena dianggap sudah cukup sehat untuk perawatan dari rumah," kata Yenni saat dihubungi wartawan ABC Indonesia Farid M. Ibrahim, Senin (10/05/2021).

"Saya tidak punya teman dekat orang Indonesia. Kita berdua juga tak punya keluarga sama sekali di sini," tambahnya.

"Pas kejadian ini saya benar-benar kalut dan panik karena tidak mengenal siapa-siapa di Melbourne," ujar Yenni.

"Yang saya pikirkan saat itu adalah bagaimana proses mengeluarkan jenazah dari rumah-sakit dan proses penguburannya karena pihak rumah-sakit mau melakukan otopsi untuk menentukan penyebab kematian," jelas Yenni.

Bagi warga Muslim asal Indonesia di Australia, urusan pemakaman bagi anggota keluarganya yang meninggal dunia tidak selalu berjalan lancar

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News