Pengalihan Subsidi BBM Dinilai Keputusan Tepat Demi Perekonomian Indonesia

Pengalihan Subsidi BBM Dinilai Keputusan Tepat Demi Perekonomian Indonesia
Petugas SPBU melayani pembeli BBM bersubsidi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat sosial UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra, menyambut baik rencana penyesuaian harga BBM diimbangi dengan jaminan pemerintah mengucurkan bansos agar ekonomi masyarakat tetap terjaga.

Menurutnya, pemerintah memang harus menyesuaikan harga BBM agar terhindar dari krisis dan kebangkrutan negara.

"Seperti yang terjadi di Amerika Serikat yang terpaksa berkali-kali menerapkan aturan ketat terhadap warganya karena likuiditas keuangan terganggu," ujar Azyumardi dalam keterangan yang diterima, Minggu (4/9).

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Marsudi Syuhud menuturkan, penyesuaian harga BBM diberlakukan demi kemaslahatan dan kebaikan masyarakat.

Pasalnya, BBM bersubsidi yang selama ini berlaku tidak tepat sasaran dan justru dinikmati oleh golongan yang tidak seharusnya menikmati subsidi.

"Ini sesuai dengan ajaran agama Islam, yaitu mengutamakan kemaslahatan rakyat banyak," katanya.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, jelas diatur bahwa Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yakni Pertalite merupakan BBM bersubsidi.

Namun, pada kenyataannya kendaraan roda empat pribadi justru mencapai 70-80 persen yang menggunakan Pertalite.

Pengamat sosial UIN Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menyambut baik rencana penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) diimbangi dengan jaminan pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News