Pengamat Beber Data Kinerja Ekonomi Anies Lebih Baik ketimbang Jokowi

Pengamat Beber Data Kinerja Ekonomi Anies Lebih Baik ketimbang Jokowi
Presiden Joko Widodo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Tambora. Foto: Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS) Anthony Budiawan menilai kinerja ekonomi Anies Baswedan di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lebih baik ketimbang Joko Widodo (Jokowi) maupun Basuki T Purnama alias Ahok. Sebab, angka pertumbuhan ekonomi DKI di era Anies lebih tinggi ketimbang saat Jokowi ataupun Ahok menjadi gubernur ibu kota.

Anthony mengatakan, pertumbuhan ekonomi DKI saat Jokowi menjadi gubernur pada 2012 hanya 6,53 persen. Pada 2013, pertumbuhan ekonomi DKI kembali turun menjadi 6,07 persen.

Namun, pertumbuhan ekonomi DKI pada 2014 justru anjlok ke 5,91 persen. “Jadi turun terus. Di zaman Ahok itu juga menurun terus kemudian sampai 5,87 persen pada 2016," kata Anthony dalam diskusi bertajuk Leadership Outlook 2020: Potret Kinerja Pemimpin Potensial yang diselenggarakan KAHMI Institute di Jakarta Pusat, Selasa (31/12).

Anthony juga membeber angka kemiskinan di DKI pada era kepemimpinan Jokowi. Saat mantan wali kota Surakarta itu menjadi gubernur DKI, tingkat kemiskinan di ibu kota justru naik.

Pada 2012 tingkat kemiskinan di DKI Jakarta sebesar 3,69 persen. Angka itu naik menjadi 4,09 persen pada 2014.

"Apa artinya? Artinya kesenjangan sosial di DKI meningkat tajam," ujar Anthony.

Lebih lanjut Anthony mengatakan, angka kemiskinan di DKI saat Anies menjadi gubernur mulai mengalami penurunan. Pada Maret 2018, tingkat kemiskinan turun menjadi 3,57 persen.

Enam bulan kemudian atau September 2018, tingkat kemiskinan di DKI turun lagi menjadi 3,55 persen.

Angka kemiskinan di DKI pada era kepemimpinan Jokowi mencapai angka 4,09 persen. Pada September 2018 atau saat Anies menjadi gubernur, tingkat kemiskinan di DKI turun menjadi 3,55 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News