Pengamat Dorong Elite Parpol Segera Move On Terima Kemenangan Prabowo-Gibran

Pengamat Dorong Elite Parpol Segera Move On Terima Kemenangan Prabowo-Gibran
Pasangan Capres- Cawapres terpilih pada Pilpres 2024 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dan peneliti senior Populi Center Usep Saepul Ahyar mendorong para elite parpol dan semua elemen bangsa untuk meneerima kemenangan pasangan Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

“Lebih baik move on, mengakui kekalahan dan menjalin rekonsiliasi,” ujar Usep di Jakarta, Selasa (23/4).

Usep menyampaikan hal itu untuk merespons sikap Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang masih mempermasalahkan Pemilu 2024 dengan mengajukan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) seusai gagal dalam sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Usep, langkah PDIP itu bukan lagi sebagai upaya hukum yang dianggap sudah selesai, tetapi lebih ke langkah politik untuk menaikkan posisi tawar seperti halnya mengincar posisi ketua DPR agar tetap menjadi milik PDIP.

“Saya kira itu hak mereka, walaupun lewat hukum. Sebenarnya harus dibacanya dalam konteks perspektif politik. Jadi, ini dalam upaya membangun posisi tawar karena mereka masih mengincar posisi di legislatif. Pasti ingin berkuasa kalau tidak memutuskan untuk bergabung di pemerintahan,” ujar Usep.

Usep menambahkan upaya PDIP untuk terus ngotot melakukan upaya politik itu diprediksi tidak akan mendapatkan dukungan dari masyarakat, justru dikhawatirkan mendapatkan antipati.

“Perlu mempertimbangan secara politik karena kalau diteruskan tidak akan mendapatkan dukungan dari masyarakat, justru menimbulkan antipasti,” ujar Usep.

Lebih lanjut, Usep mengatakan mayoritas masyarakat sudah menerima hasil pilpres, tinggal segelintir elite parpol yang masih enggan bersikap legawa dan mengakui kemenangan lawan.

Pengamat politik Usep Saepul Ahyar mendorong para elite parpol dan semua elemen bangsa untuk meneerima kemenangan pasangan Prabowo – Gibran pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News