Pengamat Ini Sarankan Pengurus DPD Segera Merapat ke Agung, Mengapa?

Pengamat Ini Sarankan Pengurus DPD Segera Merapat ke Agung, Mengapa?
Ray Rangkuti. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Pernyataan Ketua DPD Partai Golkar Leo Nababan yang menyebut penjaringan bakal calon kepala daerah akan dilakukan Plt Ketua DPD kabupaten/kota yang akan segera ditunjuk, tidak boleh dianggap remeh.

Pasalnya, jika hal itu dijalankan maka secara otomatis proses penjaringan balon kada yang sudah dilakukan pengurus DPD Golkar tingkat II di beberapa daerah, tidak akan diakui.

Karenanya, pengamat politik Ray Rangkuti menyarankan agar para pengurus DPD kabupaten/kota segera saja menyatakan sikap mengakui dan bergabung ke kubu Agung. Ray yakin, jika pengurus DPD tingkat II itu mau melakukan hal itu, maka hasil penjaringan balon tidak  akan dianulir kubu Agung.

"Yang penting pengurus-pengurus di daerah itu mengakui dulu kubu Agung. Toh Agung sendiri sudah menyatakan tidak akan sapu bersih. Kalau mereka tak mau mengakui dan lantas minta pengesahan hasil penjaringan calon dari Agung, ya sulit," ujar Ray kepada JPNN kemarin (25/3).

Menurut Ray, posisi Agung yang sudah mendapat pengesahan menkumham, sudah cukup kuat secara hukum dan politik. Dan karena merasa sudah kuat, peluang Agung tidak mengakui proses penjaringan balon yang dilakukan di daerah dan memulai lagi dari nol, sangat lah besar.

Pasalnya, dari segi waktu, masih sangat memungkinkan kubu Agung melakukan penjaringan lagi. Mengingat, pendaftaran calon kepala daerah baru akan dimulai 22 Juli 2015.

"Karena itu, para pengurus di daerah, segera saja lah merapat. Karena memang sudah tidak ada pilihan lain. Lihat saja, para anggota fraksi Golkar di DPR saja sudah berbondong-bondong merapat ke Agung. Kalau tidak, kubu Agung akan memilih calon lain yang dimajukan di pilkada," saran Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) itu.

Bagaimana cara memberikan pengakuan ke kubu Agung? Aktivis asal Mandailing Natal itu menyarankan masing-masing ketua DPD tingkat II yang ada sekarang menghadap langsung ke Agung. "Ketemu saja langsung, sebelum Agung menemui mereka," kata Ray.

JAKARTA - Pernyataan Ketua DPD Partai Golkar Leo Nababan yang menyebut penjaringan bakal calon kepala daerah akan dilakukan Plt Ketua DPD kabupaten/kota

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News