Selasa, 16 Juli 2019 – 07:16 WIB

Pengamat: Kepulangan Habib Rizieq Akan Mempersatukan Bangsa

Jumat, 12 Juli 2019 – 22:33 WIB
Pengamat: Kepulangan Habib Rizieq Akan Mempersatukan Bangsa - JPNN.COM

Habib Rizieq Shihab (tengah) saat Aksi Bela Islam II 4 November 2016. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Satyo Purwanto berharap Presiden RI terpilih Joko Widodo (Jokowi) bisa memulangkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab ke Indonesia.

Sebab, pemulangan Rizieq ialah syarat yang dipatok kubu Prabowo Subianto - Sandiaga Uno untuk menggelar rekonsiliasi politik nasional.

"Tentunya kalau spiritnya rekonsiliasi, kan diketahui bahwa persoalan HRS itu tidak terlepas dari urusan Pilpres," ucap Satyo ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (12/7).

BACA JUGA: Arief Poyuono Anggap Omongan Dahnil soal Habib Rizieq Hanya Pendapat Pribadi

Sekjen Pro Demokrasi ini yakin proses rekonsiliasi berjalan mulus jika Jokowi memulangkan Habib Rizieq. Bahkan, lanjut dia, pemulangan Habib Rizieq bisa menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

"Itu (pemulangan Habib Rizieq) tentu harus dipertimbangkan. Kalau spiritnya menuju keutuhan bangsa dan negara, sebagai kepala negara dia bisa memberikan pengampunan. Kan itu juga syarat rekonsiliasi dari kubu Prabowo," ucap dia.

Namun, kata dia, Jokowi harus memastikan Habib Rizieq tidak dikerjai sepulangnya di Indonesia. Aparat penegak hukum tidak perlu mencari-cari perkara yang menyeret pria Petamburan tersebut.

"Cuma itu tidak serta-merta saja Habib Rizieq Shihab dipulangkan. Proses hukumnya bagaimana. Ini kan juga proses yang harus diselesaikan," pungkas dia. (mg10/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar