Pengamat: KIB Seharusnya Usung Capres Internal pada Pilpres 2024

Pengamat: KIB Seharusnya Usung Capres Internal pada Pilpres 2024
Para ketua umum parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Foto: Dok. KIB

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengungkapkan keseriusan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam mengusung calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) akan terbukti sendirinya.

“Soal KIB serius atau tidak serius mengusung capres-cawapres internal, itu hanya waktu yang akan menjawab nanti,” ujar Kang Ujang sapaan Ujang Komarudin di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Namun kata dia, seharusnya KIB mengusung capres dan cawapres dari internal koalisi. Capres-cawapres bisa dipilih dari ketua umum (ketum) partai, seperti Ketum Golkar Airlangga Hartarto atau Ketum PAN Zulkifli Hasan. Bisa pula dengan kombinasi dengan eksternal.

“Saya melihatnya memang mestinya siapa pun ketua umum parpol yang berkoalisi di KIB itu yang menjadi capres atau cawapres. Misalkan, capresnya Airlangga, cawapresnya Zulhas. Atau kombinasi, capres di internal dan eksternal cawapres, capresnya Airlangga, cawapresnya eksternal, misalkan Ganjar atau siapa pun," ujar Kang Ujang.

Ujang mengatakan  koalisi yang baik adalah koalisi partai yang mengutamakan kader internal dalam upaya memenangkan Pilpres 2024.

“Itu baru koalisi yang baik dan bagus karena mengutamakan kader atau ketua umum parpol untuk bisa menjadi capres maupun cawapres," ungkapnya.

Selain itu, Ujang menekankan pentingnya hal itu dilakukan KIB, karena menimbang harga diri partai dan perolehan suara karena pengaruh sosok yang diusung dalam kontestasi.

“Hal ini terkait harga diri partai. Bagaimanapun efek ekor jas itu penting bagi partai politik. Kalau capres-nya orang lain, cawapres-nya juga orang lain dari eksternal semua, itu rugi semuanya, bagi Golkar, PAN, maupun PPP," tegasnya.

Pengamat Ujang Komarudin mengungkapkan keseriusan KIB dalam mengusung Capres dan Cawapres akan terbukti sendirinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News